2 Sep 2007

In The Shadow of The Flag


Jalan Panjang Film Pesanan

Bulan November 2006, saya dihubungi Jane McGrory, dari Progressio UK. Saya diminta untuk membuat sebuah film, tentang Timor Leste.

Idenya tentang, potret paling baru dari masyarakat Timor Leste, setelah kemerdekaan mereka. Ada banyak hal unik yang saya peroleh di lapangan. Yakni, bahwa kemerdekaan tidaklah mudah diraih, seperti halnya juga tidak mudah untuk mengisinya. Pengangguran yang mem-bola salju, konflik yang tidak berkesudahan, hingga pretensi banyak negara internasional yang mengambil bagian dalam negeri kecil berpenduduk 1 juta jiwa itu.

Saya mencoba mengerjakannya. Seperti halnya banyak pembuat film mengedepankan sikap profesional mereka. Shotingnya sendiri hanya 14 hari, saya berangkat dengan Barly Juan Fibriadi, pada bulan Februari lalu. Dan film ini saya beri judul In The Shadow of the Flag. Entah tafsirnya apa dari banyak orang, tentu akan beragam dari judulnya saja.

Ternyata, pengalamannya menjadi sama. Bahwa mencapai kesepakatan pada satu titik yang melegakan antara pembuat dan pendana, terasa sulit untuk dicapai. Ini yang sering terjadi. Merasakan kepuasan pada titik yang sama, agaknya terasa sulit. Progressio mempunyai masukan yang konstruktif. Sementara saya sebagai pembuat, juga harus mengemas film dalam bahasa standar, harus estetik filmis.

Bahwa film, tidak selamanya introduksi statemen yang melesat dari mesin setiap detik. Bahwa film harus mampu dikemas dalam struktur bahasa filmis, yang memang tidak akan terasa membosankan. Saya mencoba untuk memaknai setiap proses. Membuat film untuk hidup, dan membuat film untuk hobi, dua hal yang tidak bisa disamakan.

Ini yang tengah saya alami. Pengalaman ini mungkin sama dengan teman-teman pembuat dokumenter lain.

1 komentar:

DOCUISMOE mengatakan...

berkah dalem
aku baru dengan ceritanya ma barli aku tunggu nggih pak film nipun (:
salam dukomenter
ismoe

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.