1 Sep 2007

Renita Journey (2)

Mencoba Riset

Pengalamannya, adalah tidak mudah untuk melakukan riset. Demikian, kata pembuat film dokumenter itu. Mungkin benar. Atau selamanya, tidak juga benar, pikir saya !

Selama tiga hari saya riset Renita. Kami hanya ngobrol. Tapi riset yang serius, karena kali ini saya membawa kamera untuk merekan. Ketika saya datang, Renita tidak sendirian. Ia ada temannya, ternyata. Bernama, Linda ! Seperti Renita, namun ia masih muda.

Sepanjang hari saya hanya menunggu. Ternyata banyak elemen menarik. Dialog-dialog kecil, tentang asmara, politik, kekosongan geografi Indonesia dan debat kusir Renita dan Linda justru menginspirasi saya.

Saya beruntung. Merekamnya dalam kaset. Membawanya pulang. Sesekali melihatnya.
Dani Cublux, editor yang membantu saya, takjub ! Saya jelaskan, ini baru materi riset.
Riset ternyata menginspirasi. Soal kesulitan riset, mari kita bertanya pada para pembuat film dokumenter. Demikiankah ?

Tidak ada komentar:

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.