17 Jul 2008

Dalam sebuah penjara

Sebulan yang lalu, film In The Shadow di screening. Beberapa orang memberi komentar. Ya namanya film pesanan... Tapi ada yang menarik, ketika seorang Chris Razukas, dari San Faransisco berkomentar. " FILM INI MEMBUAT SAYA SEPERTI TERPENJARA " Benarkah, penuh teror dan kecemasan ? Pikir saya. Lalu, Chris menonton "Mangga Golek Matang di pohon" yang masih rough cut. Komentarnya : "Film ini membuat saya keluar dari penjara, jika membandingkannya dengan In The Shadow of The Flag.

Akan ada yang membedakan, memang. Sebuah desain dokumenter pesanan dan bukan pesanan, pikir saya. Tetapi, dunia dokumenter memang akan senantiasa berisikan tarikan tarikan kepentingan yang penat.

Mungkin kita tidak bisa mengatakan bahwa, hal terpenting dalam film dokumenter adalah : pesan. Demikian sederhana. Tetapi tidak sesederhana bagaimana mengemas pesan itu sendiri. Pesan, dalam film dokumenter bisa berisikan apapun. Terkadang, kegelisahannya adalah bagaimana mengemasnya dalam cara tutur yang senantiasa baru penuh dengan penemuan penemuan.

Ketika dalam penjara, mungkin tak banyak hal. Tetapi, akan membuat siapapun bisa merasakannya.

Tidak ada komentar:

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.