6 Agu 2007

"City of Gold"

Selama lima hari ini hingga tanggal 11 agustus, saya menemani teman-teman, membuat film untuk Eagle Award Commpetition 2007. Dida dan Iwan, tepatnya sang finalis dari Kalimantan ini. Sudah beberapa hari memang, shooting berlangsung. Bingung, cemas, dan butuh kerja keras ! Begitu kalimat yang mereka sampaikan, ketika saya bertanya bagaimana menjadi pembuat film dokumenter itu.
Sekali lagi, membuat film memang tidak semudah apa yang telah ditulis oleh Fajar Nugroho, dalam bukunya "Cara Pintar Membuat Film Dokumenter". Dua teman tadi mengeluhkan bahwa apa yang dibayangkan dan didesainkan, dalam produksi film dokumenter, terkadang meleset. Maaf, ini kita tidak sedang membuat film fiksi, yang semua -nya bisa dihadirkan, didramatikan sesuai keinginan, atas nama sutradara sambil berteriak (baca: action... cut !).
Ketika cuaca tidak bersahabat, subyek tidak natural, subyek berubah pikiran. Maka, semuanya harus dikaji ulang.
Membuat film dokumenter memang butuh diplomasi. Kita punya ide, namun proses riset, menemukan sesuatu yang baru, mencari yang hilang dengan sikap arif, nampaknya dibutuhkan. Daya tahan dalam film dokumenter, bagi pembuatnya, lebih terletak pada kemampuan untuk mencoba memahami subyek, yang ketika tim Eagle Award 2007 ini datang, mereka sebenarnya tengah melakukan proses yang rutin sebagai sebuah keseharian yang bersahaja. Kita juga bisa masuk dalam proses itu, tanpa perlu, kita sedang membuat film. Tanpa perlu menyatakan petisi : kami sutradara lokal yang mencoba menambil peran dalam kompetisi ilm dokumenter.

Tidak ada komentar:

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.