1 Agu 2007

Jangan lewatkan screenDocs! di Perpustakaan Diknas
3 Agustus 2007 pkl. 18.30 WIB
LENNY SUGIHARTO (Yayasan Srikandi Sejati) :
“Tak satupun manusia dilahirkan kedunia ini dgn keterbatasan/kekurangan, apalagi menghendaki lahir sebagai seorang waria. Namun pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Untuk itu cobalah anda peduli dan kenali kami, maka akan banyak imajinasi yang akan terlihat. Dan yang perlu dipahami jangan melihat waria dari penampilannya saja, melainkan dilihat dari hati nurani juga. Kalau kami dilihat dari sebelah mata, maka akan terlihat ketidakseimbangan sosial yang mengakibatkan pemahaman yang bervariatif.“
MARIANA AMIRUDDIN (Yayasan Jurnal Perempuan) :
“Mungkin selama ini kita lupa bahwa manusia memang diciptakan berbeda, tetapi Tuhan ternyata membuatnya lebih beragam. Waria sumber daya manusia bangsa ini juga. Sebagai warga negara, mereka seharusnya diperlakukan sama."
Sesungguhnya, apa makna dan pesan yang terkandung dalam kutipan di atas?? Guna lebih jelas, simak film dokumenter :
Renita Renita
Tonny Trimarsanto
Indonesia - 2005 - 16 min
Sinopsis:
Bukan laki-laki, bukan perempuan, tetapi transseksual. Meski apa yang mereka lakukan adalah pilihan gaya hidup mereka sendiri, mereka perlahan-lahan menyimpang dari kehidupan yang seharusnya. Realita memojokkan mereka pada prostitusi, dan prostitusi memojokkan mereka pada ujung yang lebih jauh. Sebuah dokumenter yang juga memberikan gambaran tentang situasi domestik yang serius di Indonesia .
Not a man, not a woman, but a transsexual. Although all what they did was to choose their own lifestyles, they gradually deviate from decent lives. The reality corners them to prostitutions, and prostitutions corner them to further edges. A documentary that also depicts serious domestic situations of Indonesia .
Jumat 3 Agustus 2007
18.30 WIB
Perpustakaan Diknas (Library @ Diknas)
Dept. Pendidikan Nasional
Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat

Selepas pemutaran film akan ada diskusi bertema :
Keberadaan Waria di Masyarakat
bersama :
LENNY SUGIHARTO (Yayasan Srikandi Sejati)
MARIANA AMIRUDDIN, M.Hum (Yayasan Jurnal Perempuan)
Dipandu :
YOS RIZAL (Redaktur Bidang Seni TEMPO)
Catat di agenda Anda sekarang!
Film pembuka :
Joki Kecil
(The Winner of Eagle Award ’05)
Yuli Andari M & Anton Susilo
Indonesia – 2005 - 20 min
Pacuan kuda adalah tradisi rakyat yang populer di Sumbawa . Para pengendara kuda adalah anak-anak yang nasibnya tidak sebagus para pemilik kuda. Joki kecil harus menaiki kuda liar tanpa peralatan keamanan yang memadai dengan imbalan yang tidak seberapa. Orang-orang yang berperan dalam pacuan kuda ini, ikut andil dalam arena kemenangan, kebanggaan, perjudian dan kepedihan.
Zero Tolerance
Tommy Anderson dan T.J. Caudill, Heather Niece
USA – 2006 - 10 min
Zero Tolerance mengikuti kisah tiga anak muda: seorang pelajar dari Letcher Country, KY, yang memasang poster yang dianggap tidak sopan oleh pihak sekolah, dan dua orang pelajar yang memulai Gay Straight Alliance di sekolahnya. Ketiga pelajar tersebut berakhir dengan dikeluarkan dari sekolah. Zero Tolerance menggunakan contoh kasus ini untuk menggambarkan bagaimana kebebasan berekspresi di sekolah dan kebijakan “toleransi nol” bisa berjalan bersamaan.
Banjo Pickin’ Girl
Machlyn Blair, Stacie Sexton dan Halley Watts
USA – 2004 – 13 min
Mengangkat kisah gadis muda dari Kentucky Timur yang berjuang menghadapi kematian ayahnya dan tekanan untuk terus membawa warisan musik lokal dan tradisi keluarganya.
NB.
Terima kasih bagi Anda yang telah membaca dan bersedia menyebarluaskan informasi ini.

Salam,
Sofie
In-Docs
Exhibition Coordinator
hp. 081399993292
tlp.021-31925113,31925115

Tidak ada komentar:

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.