21 Agu 2007

Produksi Selesai, Apalagi ?

Produksi, Transkrip lalu ?

Saya baru saja menyelesaikan sebuah video profil, tentang kabupaten Morowali, dengan Elida Tamalagi dan Popo. Ketika memasuki kota Palu, tiba-tiba ada tilpon dari peserta Eagle Award Competition 2007. Ia bertanya, tentang apa pentingnya transkrip dan pembuatan shoot report.

Saya mencoba menjelaskan, bahwa shoot report itu pekerjaan yang seringkali dilakukan oleh pembuat dokumenter manakala selesai shooting di lapangan. Artinya, pembuat film dokumenter harus menulis semua isi kaset, dan membuat draft gambar apa saja yang sudah direkam pada setiap kaset.

Juga, kerja standar pembuat film adalah membuat transkrip wawancara dari subyek-subyek yang diwawancarai dalam film. Pentingnya, kita akan mengetahui secara detail apa yang dikatakan oleh subyek kita. Sebab, dengan demikian, kita akan bisa menyusun struktur editing script sebagai tahapan berikut yang akan dikerjakan dalam pembuatan film dokumenter.

Hal ini saya ungkapkan, karena, mungkin karena sudah kerja keras dan merasa capek, sang teman ini mencoba menawar untuk tidak mengerjakan shoo report dan transkrip wawancara yang memang ia prediksikan tidak terpakai.

Dalam dokumenter semuanya akan menjadi mungkin. Kita memang tidak bisa memastikan, bahwa tidak akan ada perubahan. Faktanya, banyak pembuat dokumenter akhirnya harus mencoba membongkar pasang tanpa pernah ia prediksikan sebelumnya. Baik itu pada tahapan produksi, ataupun paska produksi sekalipun.

Tidak ada komentar:

IN PRODUCTION

Tsunami : Gift of Life
Sam Pek Engtai ( Kasih Tak Sampai )

Renita's Journey : Mangga Golek
Merdeka atoe Mati !
Operasi Subyektivitas

My Film

  • GERABAH PLASTIK (2002), ROEDJITO (2003), HELP SPECIES DYING (2003), THE DREAM LAND (2003), I LOST MY FOREST IN ONE MINUTES (2004), THE LAST FOREST (2004), I WILL (2004), HANNA RAMBE (2004), MOTHE'S TEARS (2004), SERAMBI (2005), OUR BELOVED MOTHER (2005), HUMAN TRAFFICKING (2006), RENITA RENITA (2006), IN SHADOW OF THE FLAG (2007), SAM PEK ENGTAI (Kasih Tak Sampai- in production)

Mengenai Saya

Klaten - Jakarta pulang-pergi, Indonesia
Saya film director, fasilitator workshop film dan penulis.